x Masalah Umpan balik
Lokasi anda:Hal Utama Berita Basket

'Diplomasi Basket' Dennis Rodman ke Korut Berlanjut

2017-06-16 15:15:17 | penulis: | berawal:cnnindonesia
Ringkasan:Diplomasi 'basket' ala Dennis Rodman ke Korea Utara (Korut) kembali berlanjut. Seperti diberitakan CNN, Rodman tengah dalam perjalanan menuju ibu kota Korut, Pyongyang.

'Diplomasi Basket' Dennis Rodman ke Korut Berlanjut

Jakarta, CNN Indonesia  -- Diplomasi 'basket' ala Dennis Rodman ke Korea Utara (Korut) kembali berlanjut. Seperti diberitakan CNN, Rodman tengah dalam perjalanan menuju ibu kota Korut, Pyongyang.

 

Rodman kabarnya akan kembali bertemu dengan pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong-Un. Hingga saat ini belum jelas misi kunjungan mantan pebasket eksentrik tersebut ke Korut.

 

Namun, mencuat spekulasi kunjungan mantan pebasket Amerika Serikat itu sebagai bagian untuk meredakan ketegangan di antara dua negara belakangan ini.

 

Jong-Un sebelumnya sempat mengancam akan mengirimkan rudal balistik berdaya jelajah antarbenua ke Amerika Serikat. Korut juga menahan empat warga negara Paman Sam tersebut karena dicurigai sebagai mata-mata.

 

Seperti dilaporkan CNN, Rodman tampak sedang menuju ke Bandara Internasional Beijing menuju ke Pyongyang. Namun, legenda LA Lakers itu enggan menjawab pertanyaan wartawan perwakilan CNN.

 

Salah satu pejabat Korut yang tidak bersedia disebutkan namanya menerangkan kepada CNN, Rodman dijadwalkan tiba di Pyongyang Selasa (13/6) ini.

 

Bagi Rodman, ini akan menjadi kunjungannya yang kelima kali ke Korut. Ia sudah berkunjung ke Korut sebanyak empat kali, tiga di antaranya terjadi pada tahun 2013 dan 2014.

 

Rodman terakhir kali berkunjung ke Korut pada Januari 2014 dengan memboyong sejumlah mantan pemain basket NBA dalam rangka ekshibisi basket di negara itu.

 

Pejabat senior AS pun menjelaskan kunjungan Rodman sebelum-sebelumnya dan saat ini ke Korut bukan sebagai misi resmi dari negeri Paman Sam tersebut.

 

Rodman sendiri sempat mengatakan kunjungannya ke Korut sebagai rangkaian proyek 'diplomasi basket' dan menegaskan kedatangannya dalam rangka ulang tahun Jong-Un itu merupakan ide hebat untuk dunia.

 

Seperti diketahui olahraga basket merupakan salah satu favorit dari Jong-Un. Rodman merupakan salah satu idola pemimpin tertinggi negara komunis itu. (bac)

Baca juga: